Selasa, 23 Januari 2018

KATA PENGANTAR



Sejalan dengan upaya mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang profesional melalui jalur pendidikan dan pelatihan (Diklat), pembinaan diklat khususnya Diklat Kepemimpinan Tingkat IV ke arah diklat berbasis kompetensi, terus dilakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.

Salah satu diklat teknis yang akan menjadi persyaratan penting sebelum peserta mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat IV adalah Diklat Teknik Analisis Manajemen. Diklat ini dipandang sangat penting karena memiliki nilai strategis yang dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran diklatpim pola baru. Materi-materi (mata diklat) dalam diklat TAM ini disusun sebagai alat (tools) untuk menganalisis kinerja organisasi agar dapat menggunakan teknik analisis yang tepat. Isi media pembelajaran ini telah mempertimbangkan tingkat kesesuaian dan keseimbangan antara materi, metode, dan alokasi waktu yang tersedia. Diharapkan media pembelajaran ini dapat mencerminkan keseluruhan proses dinamis sebagai bagian dari upaya mewujudkan sosok pemimpin yang kompeten dalam mengembangkan organisasi dan instansi yang dipimpinnya.

Disadari bahwa perkembangan lingkungan strategis berlangsung lebih cepat  khususnya terhadap dinamika peraturan perundang-undangan yang diterbitkan dalam rangka perbaikan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penyesuaian materi-materi diklat (isi bahan ajar ini) dengan perubahan yang terjadi perlu dilakukan agar relevan dengan kondisi yang ada. Oleh karena itu, materi-materi ajar dalam blog ini merupakan bahan minimal dalam pembelajaran, sehingga substansinya perlu disesuaikan dengan perkembangan yang ada agar dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

ucapan terima kasih dan penghargaan kepada mereka yang telah meluangkan waktu dan pikiran untuk menyusun bahan pembelajaran di dalam blog ini, dan kami merasa masih banyak lagi yang harus dilakukan agar blog ini memenuhi kebutuhan peserta diklat. Tanggapan berupa kritik dan saran perbaikan kami harapkan untuk perbaikan berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bacalah dan resapilah:

"Ilmu tanpa amal bagai pohon tanpa buah"

"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim"

"Menuntut ilmu adalah taqwa, menyampaikan ilmu adalah ibadah, mengulang-ulang ilmu adalah zikir dan mencari ilmu adalah jihad"